Selasa, 28 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

3 Faktor Penyebab Harga Beras Melambung Tinggi Menurut Ombudsman RI

Esih Yuliasari

| 19 September 2023

| 11:00 WIB

Beras
Para pekerja tengah menurunkan beras dari truk di salah satu Agen Beras yang terletak di Tanggul, Kota Serang. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN).

EKBISBANTEN.COM – Harga beras terus melambung tinggi akhir-akhir ini di Indonesia. Hal itu menurut anggota Ombudsman RI RI Yeka Hendra Fatika diakibatkan oleh tiga faktor yaitu permasalahan iklim, permasalahan di hulu, dan permasalahan di hilir.

Untuk permasalahan iklim, dia menjelaskan, sebenarnya tidak terlalu berdampak signifikan terhadap kenaikan harga beras. Sebab menurutnya meskipun di suatu daerah ada yang mengalami penurunan produksi padi akibat kekeringan, maka produksinya masih bisa dipasok dari daerah lain.

“Sejauh mana apakah permasalahan iklim ini bisa disimpulkan. Misalnya saat ini nasional terjadi penurunan produksi padi karena iklim? kami tidak bisa jawab itu, namun kalau kita berbicara spesifik lokasi maka pengaruh iklim itu ada di lokasi tertentu. Apakah berlaku general di semua wilayah? belum tentu,” katanya, Senin (18/9/2023).

Faktor kedua adalah permasalahan di hulu yang meliputi luas lahan pertanian yang menurun, keterbatasan sarana produksi pertanian, permasalahan benih, hingga permasalahhan subisidi pupuk.

Yeka menyampaikan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per tahunnya terdapat 200.000 hektar luas lahan pertanian di Indonesia mengalami penurunan.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top