2.000 Penumpang Luar Daerah Tiba di Terminal Pakupatan

11
Suasana Terminal Pakupatan pada Senin (29/6). (Foto: Yohana Ramadhantie / Ekbusbanten)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Pakupatan Serang mencatat, selama pelaksanaan New Normal hingga Minggu (28/6), terdapat sebanyak 2.000 penumpang dari luar daerah tiba di Terminal Pakupatan.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A (TTA) Pakupatan Serang Waluyo Dyanto mengatakan, dalam sehari rata-rata penumpang yang tiba di Terminal Pakutan sekitar 200 sampai 500 penumpang. Alasannya jumlah penumpang dari luar daerah masih ada pembatasan.

“Kalau untuk penumpang sampai tanggal 28 Juni 2020 ini, kita sudah kedatangan sekitar 2.000 penumpang per bulanya. Sedangkan jumlah keberangkatan sekitar 2.300 sampai 2.500 orang,” ujar Waluyo Dianto, Senin (29/6).

Ia mengatakan, seluruh penumpang yang tiba dan berangkat melalui Terminal Pakupatan Serang tersebut kata dia, terlebih dahulu diwajibkan masuk ke bilik antiseptik guna mengantisipasi penularan dan penyebaran virus korona.

“Apabila ada penumpang memiliki suhu tubuh mencapai 37 derajat maka kita akan mengistirahatkan penumpang lima sampai sepuluh menit. kemudian setelah itu kita melakukan pengulanagn ulang cek suhu tubuh. Aoaabila sampai tiga kali berturut-turut suhu tubuh tidak turun, maka kita akan menelpon instansi terkait penangan Covid-19,” jelas Waluyo.

Waluyu menuturkan, selain melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para penumpang, petugas juga turut memeriksa sopir bus dan kondekturpun.

“Setelah pemeriksaan, kita juga menanyakan nama asal penumpang, naik dari mana, tujuannya kemana dan pulang kemana, baru kemudian dikembalikan ke mobil bus masing-masing,” ungkapnya.

Tak hanya memeriksa penumpang dan masuk ke bilik antiseptik, pihaknya juga menyarankan penumoang untuk mencusi tangan.

“Termasuk meminum vitamin hingga wajib menggunakan masker,” katanya. (Yohana)