140 UMKM di Kabupaten Serang Diguyur Bantuan Modal Usaha Dari Bank BJB

33
Bank BJB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama Pimpinan Bank BJB KCK Banten Budiatmo Sudradjat menyerahkan bantuan CSR kepada perwakilan UMKM Kabupaten Serang di Gelanggang Olahrga (GOR) Pemkab Serang, Kamis (16/12/2021). (Foto: Ismatullah / Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Sebanyak 140 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Wilayah Kabupaten menerima bantuan modal usaha ratusan juta dari Bank BJB Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten.

Penyerahan bantun dari dana corporate social responsibility (CSR) tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasana didampingi Pimpinan Bank BJB KCK Banten Budiatmo Sudradjat di Gelanggang Olahrga (GOR) Pemkab Serang, Kamis (16/12/2021).

Turut hadir menyaksikan, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud, Kepala Diskoperindag Adang Rahmat, Kepala DKPP Suhardjo, dan Ketua Komisi III DPRD kabupaten Serang Agus Wahyudioni.

BACA JUGA: Sah! DPRD Setujui Raperda Penyertaan Modal Pemkot Serang ke Bank BJB

Kemudian, Kepala DPUPR Okeu Oktaviana, Kepala Dinsos Subur Prianto dan Kepala BKPSDM Mohamad Ishak Abdul Rouf.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi kepedulian Bank BJB menyalurkan bantuan modal usaha kepada ratusan UMKM di wilayahnya.

“Atas nama pribadi dan atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Serang saya ucapan teirmkash pak Budiatmo (Pimpinan Bank BJB KCK Banten). Kegiatan ini didukung oleh Bank BJB dari CSR Bank BJB,” kata Tatu saat menyampaikan sambutan pada Peluncuran UMKM Bisa!, Bela, Beli, Sejahtera sekaligus penyerahan bantuan CSR Bank BJB kepada 140 UMKM di wilayah Kabupaten Serang.

BACA JUGA: DJP Banten Catat Realisasi Penerimaan Pajak Tembus Rp49,35 Triliun, Tiga Sektor Ini Paling Berkontribusi di 2021

Ketua DPD 1 Golkar Provinsi Banten itu menyatakan, bantuan tersebut merupakan salah komitmen Pemkab Serang dan Bank BJB dalam mendukung kemajuan UMKM yang diterpa pandemi Covid-19.

“Karena memang pada tahun ini memang untuk CSR ini fokus untuk UMKM. Kalau tahun kemarin untuk penyediaan peralatan sampah tergantung kebutuhan dilapangan,” kata Tatu.

Sehingga Tatu berharap, melalui penyerahan bantuan modal dari BJB itu akan membuat pelaku UMKM bisa naik kelas dan lebih berkembang.

“Balik lagi ke soal permodalan, UMKM diberikan bantuan CSR bukan dalam bentuk pinjaman. Kemudian, kalau mereka sudah naik kelas kita fasilitasi ke BPR Serang dan Bank BJB agar mendapatkan bantuan pembiayaan,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Bank BJB KCK Banten Budiatmo Sudradjat mengatakan, bantuan CSR kepada ratusan pelaku UMKM tersebut merupakan bentuk kepedulian dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Serang dan bank bjb kepada para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Serang.

“Diharapkan bantuan permodalan ini dapat membantu dan mendorong para pelaku usaha mikro untuk dapat bertahan dan berkembang,” katanya.

Adapan jumlah bantuan yang disalurkan bank bjb untuk pelaku UMKM di Kabupaten Serang sebesar Rp743 juta.

“Jumlah bantuan dana CSR bank bjb yang diberikan sebesar Rp743 juta dan disalurkan kepada 140 orang pelaku UMKM di berbagai jenis usaha,” katanya.

Masih kata Budiatmo, jumlah yang diterima oleh masing-masing pelaku UMKM bervariatif disesuaikan dengan kebutuhannya.

“Semoga bantuan dana CSR bank bjb dapat memberikan motivasi dan mendorong kreatifitas untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan,” katanya.

Selain itu tambah Budiatmo, penyalauran modal usaha itu dapat lebih memberikan akselerasi kepada pelaku usaha mikro untuk naik kelas ketahapan berikutnya.

“Dan lebih bankable sehingga kedepannya diharapkan menjadi binaan bank bjb. Kemudian, dengan semakin berkembangnya usaha para pelaku diharapkan kedepannya dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyerap tenaga kerja informal di Kabupaten Serang,” pungkasnya.***