1.224 Jamaah Haji Kabupaten Serang Batal Berangkat

50
Illustrasi jemaah haji (Sumber Kompas.com)

SERANG, EKBISBANTEN. COM – Dengan adanya keputusan Menteri Agama Republik Indonesia yang juga tertuang dalam surat nomor 494 tahun 2020, tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M. Tak kurang dari 1224 jemaah haji Kabupaten Serang keberangkatan tahun 2020 batal berangkat.

Kepala Kemenag Kabupaten Serang, TB Syihabudin mengatakan dengan dibatalakannya keberangkatan jamaah haji tersebut ia mengatakan akan ada regulasi untuk jemaah yang sudah melunasi pembayaran biaya haji. Kata dia, nantinya jemaah dipersilahkan untuk mengambil uang biaya haji atau tetap memutuskan untuk berangkat haji dikeberangkatan tahun 2021.

“Nanti ada regulasi untuk jemaah yang sudah melunasi pembayaran ibadah haji, apakah dia mau mengambil, berarti tidak bisa ikut haji tahun depan, kalau didiamkan bisa berangkat,” Katanya kepada wartawan di Kantor Kemenag Kabupaten Serang, Selasa (2/6).

Sebagai tindaklanjut kepada jemaah haji, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran (SE) sesuai dengan instruksi dari pusat.

Menteri Agama, Fachrul Razi, saat konferensi pers menyampaikan bahwa ditiadakannya haji pada tahun 2020, disebabkan pandemi Covid-19 yang masih menghantui dunia, begitupun dengan Arab Saudi.

“Berdasarkan kenyataan tersebut, Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 2020,” Katanya. (AFA)