12.385 Karyawan di Kabupaten Serang Kena PHK karena Badai Covid-19

88
Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakertrans Kabupaten Serang Iwan Setiawan. (Foto/Raden/Ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang mencatat selama tahun 2020 ada sekitar 12.385 karyawan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena badai Covid-19. Mayoritas yang terdampak adalah buruh pabrik atau industri.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakertrans Kabupaten Serang Iwan Setiawan merinci, dari angka tersebut sebanyak 8.400 orang terkena PHK dan 2.771 diberhentikan karena 9 perusahaan tutup, serta 1.214 pekerja dirumahkan.

“Nah untuk yang dirumahkan ini, kami belum tahu apakah mereka sudah mendapatkan pekerjaan kembali atau belum,” kata Setiawan saat ditemui dikantor Disnakertrans Kabupaten Serang, Rabu (3/1).

Iwan juga mengimbau kepada para pencari kerja untuk mempersiapkan bekal yang matang suapaya mampu bersaing di dunia industri.

“Harus punya keahlian yang tersertifikasi, ini akan memperbesar peluang untuk penerimaan kerja,” sambung Iwan.

Masih kata Iwan, Disnakertrans Kabupaten Serang juga terus berupaya meningkatkan penyerapan kerja di tahun 2021 dengan melakukan pelatihan dan kerjasama dengan berbagai industri.

“Sudah lama kita bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) namun untuk 2021 belum ada kuota yang tersedia,” pungkas Iwan. (Raden)