10 Kegiatan Yang Bisa dilakukan Untuk Me Time

18
Foto : Freepik

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Setiap orang butuh me time, setelah disibukkan dengan urusan pekerjaan, perkuliahan. Dan terkadang, kita lupa bahwa meluangkan waktu untuk diri sendiri sangatlah penting. Hal itu benar-benar akan membuat diri kita merasa lebih bermakna.

Salah satunya dengan melakukan me time yang sangat bermanfaat bagi setiap orang agar lebih dulu memikirkan tentang dirinya sendiri. Me time pun dapat membuat kita merasa rileks dan sejenak melupakan urusan pekerjaan maupun perkuliahan.

Jika kamu ingin menikmati waktu sendirian atau yang sering disebut “me time”, berikut kegiatan yang bisa dilakukan :

  1. Saatnya lakukan hobimu

Quality time dengan sendiri tidak perlu memakan biaya yang besar lho. Terkadang kamu hanya perlu meluangkan sejenak untuk melakukan apa yang menjadi hobimu. Misalnya seperti melukis, menjahit, membuat aneka prakarya dan kegiatan kreatif lainnya.

Jika kamu merasa tidak memiliki hobi, maka ini saatnya kamu mencoba berbagai kegiatan untuk menemukan hobimu.

Mulai dari mencoba langsung atau segera cari referensi melalui internet. Selain menyenangkan, melakukan hobi juga bisa meningkatkan kreatifitasmu!

  1. Pergi berolahraga

Jika selama ini kamu sulit untuk meluangkan waktu untuk menjaga kesehatan diri, inilah saatnya kamu me time sekaligus merawat kebugaran tubuh dengan berolahraga.

Selain itu, kamu juga dapat lebih menjadi diri sendiri daat berolahraga tanpa merasa malu atau canggung.

Alternatif lainnya adalah berolahraga di alam terbuka jika kamu menginginkan udara yang lebih segar dan pemandangan yang bagus.

Di alam terbuka, kamu dapat memilih untuk melakukan olahraga lari, jalan cepat, panjang tebing, hiking hingga bersepeda.

  1. Memasak makanan favorit

Untuk kamu yang punya hobi kuliner, cobalah untuk memasak saat ada waktu luang untuk me time ini.

Pergilah ke toko buku atau lakukan pencarian resep makanan favorit atau makanan yang kamu ingin coba di Internet dan cobalah untuk memasaknya.

Kamu dapat mengeksplorasi berbagai bahan masakan dan rasa makanan. Dengan memasak, kamu dapat lebih menghargai diri sendiri. Selain itu, memasak juga menurunkan tingkat stres sehingga membuatmu merasa lebih bahagia.

  1. Membaca buku

Membaca memang terbukti mendatangkan banyak manfaat dan sudah terbukti pula. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan kegiatan ini pilihan saat akan quality time dengan diri sendiri.

Manfaat yang bisa didapatkan adalah meningkatkan konsentrasi, kecerdasan, mencegah penyakit alzheimer dan banyak hal lainnya.

Kamu juga dapat melakukan kunjungan ke toko buku sebelumnya, menikmati berbelanja buku sendirian. Atau jika kamu ingin dirumah, kamu dapat mencoba membaca buku-buku melalui e-book.

  1. Pergi karaoke

Quality time dengan diri sendiri artinya kamu benar-benar dapat menjadi diri sendiri, bahkan ketika bernyanyi!

Cobalah untuk pergi karaoke sendirian untuk melakukan me time dan rasakan pengalaman bernyanyi lepas tanpa malu-malu.

Kamu bisa melepaskan penat dan stres dengan bernyanyi atau berdansa saat karaoke sendirian tanpa perlu memikirkan pendapat orang lain.

Jangan lupa untuk membuat daftar lagu yang kamu banget sebelum karaoke!

  1. Mengunjungi tempat wisata

Selain berbagai kegiatan dirumah, tidak salahnya kalau kamu mencoba juga kegiatan diluar rumah.

Salah satunya adalah mencoba untuk mengunjungi tempat wisata.

Kamu bisa memilih tempat wisata yang dekat ataupun jauh dari lingkungan rumahmu tergantung seberapa lama kamu mengambil waktu rehat.

Kamu dapat mencari tempat wisata terkini melalui internet atau sosial media. Jangan lupa bawa selfie stick-mu supaya tetap bisa berfoto walau pergi sendiri.

  1. Membersihkan tempat tinggal

Bersih-bersih tempat tinggal bisa menjadi pilihan untuk quality time bersama diri sendiri lho. Meskipun terlihat melelahkan, ternyata bersih-bersih tempat tinggal banyak sekali manfaatnya.

Bersih-bersih kamar atau rumah dapat mengurangi stres serta membakar kalori. Sehingga, selain mendapati tempat tinggal yang lebih nyaman setelah dibersihkan kamupun bisa merasa lebih bahagia dan sehat.

  1. Mengikuti workshop atau pelatihan

Daripada bingung dan kesulitan mengajak teman untuk mengikuti berbagai pelatihan atau workshop, alangkah baiknya kalau kamu memberanikan untuk pergi sendiri.

Cobalah untuk mencari berbagai kegiatan workshop dan pelatihan di kotamu untuk me time!

Mengikuti workshop dapat menambah ilmu pengetahuan serta keterampilan. Kamu juga dapat menjadi lebih fokus jika pergi sendiri ke workshop atau pelatihan tersebut.

  1. Pergi ke spa atau salon

Quality time dengan diri sendiri adalah waktunya memanjakan diri.Kamu bisa mencoba untuk pergi ke salon atau spa untuk relaksasi dan mempercantik diri. Hal ini tentu bisa membuat kamu lebih bahagia karena tingkat stressmu akan menurun.

Jika kamu enggan keluar rumah, kamu dapat melakukannya sendiri dirumah. Lakukan kegiatan seperti menggunakan masker olahan rumah atau meni-pedi dengan alat sendiri.

Jangan lupa untuk nyalakan beberapa aroma terapi agar kamu makin rileks!

  1. Movie marathon

Jika kamu sudah sangat lelah dengan rutinitas keluar rumah untuk bekerja, maka ini saatnya kamu melakukan kebalikannya yaitu tinggal didalam rumah.

Kamu bisa memilih untuk menonton film yang selama ini kamu ingin tonton atau serial TV yang seringkali kamu harus lewati.

Jangan lupa untuk memesan beberapa camilan dan minuman favorit sebagai teman menonton.

Melakukan hal yang menyenangkan seperti itu dapat membuat kamu lebih bahagia dan fresh sebelum kembali ke rutinitas bekerja.

Sumber : Glints